Mari Sedikit Berfilsafat

Belajar filsafat ternyata sangat menyenangkan dan menakjubkan. Kita bisa berfikir secara mendalam dan mampu mamahami hakikat dari segala sesuatu. Filsafat mengajari kita berfikir secara luas, penuh, mendalam dalam mencari seluk beluk ilmu tertentu. Filsafat membawa kita berfikir mengapa, kenapa dan bagaimana hal tersebut bisa terjadi?

Brian fay dalam bukunya Filsafat Ilmu Sosial Kontemporer mengajak kita berfikir mendalam dengan cara bertanya terlebih dahulu mengenai segala sesuatu. Pertanyaan tersebut seperti : apakah kita harus menjadi seseorang untuk memahami seseorang? Apakah kita harus menjadikan orang lain seperti diri kita? Apakah masyarakat yang membentuk kita sebagaimana adanya?

Banyak juga pandangan filosofi yang melihat hakikat hidup ini sesuai pandangannya. Salah satu pandangan filosofi adalah nihilisme. Nihilis biasanya memiliki beberapa atau semua pandangan ini: tidak ada bukti yang mendukung keberadaan pencipta, moral sejati tidak diketahui, dan etika sekular adalah tidak mungkin. Karena itu, kehidupan tidak memiliki arti, dan tidak ada tindakan yang lebih baik daripada yang lain. Intinya nihilisme melihat ketidakadaan, bahwa segala sesuatu ada untuk tiada.

The last, mari berfikir lebih mendalam dimulai dari diri kita sendiri. Siapa diri kita sebenarnya? Mengapa kita harus hidup? apa yang menyebabkan kita harus disini? Apa tujuan kita disini? bagaimana hidup kita ke depan? dll.

Tinggalkan komentar